BINS‍PIRATION
Sunday 25 December 2016

FOKUS, POWER AMPUH ANDA DALAM BISNIS


Penyakit utama yang sering hinggap pada entrepreneur pemula adalah hilang fokus. Baru mulai bisnis sudah langsung membuka bisnis baru. Padahal bisnis pertamanya saja belum maksimal. Jangankan punya sistem, profit aja masih megap-megap hehehe ,,sudah sok-sokan buka bisnis baru, yang ini akan menjadi menambah masalah baru, gagal fokus. Baru sebulan buka ini, mau buka itu. Baru terpikir bisnis ini, sudah kepikiran bisnis itu. Kapan mulainya? Kapan profitnya?


Menjaga fokus memang susah bagi entrepreneur pemula. Memang ada sisi bagusnya memiliki semangat membuka bisnis. Fokuslah dulu pada satu bisnis yang sudah anda jalani sampai akhir berapa di tahap Ending dan membuat anda kaya.


Kebanyakan orang bernafsu gara-gara melihat bisnis orang lain sukses hingga mau ikut-ikutan bisnis seperti itu. Hari ini bisnis fashion, kemudian lihat lihat teman anda sukses bisnis kuliner. Ikut-ikutlah anda berbisnis kuliner. Langsung meniru semua cara teman anda, mulai dari produksi sampai promosi. Apakah hasilnya akan sama? Belum tentu! Cara yang sama di lakukan oleh orang yang berbeda maka hasilnya juga berbeda.


Sering kali anda terjebak dengan kalimat, “ Jika dia bisa, saya juga bisa!” betul! Anda pun pasti bisa, namun tidak akan bisa sama persis seperti dia. Yang perlu anda tiru adalah value-nya, bukan semua yang ada pada dirinya. Jika anda terus mengikuti dia, kapan bisnis anda akan berkembang?yang ada bisnis anda akan stuck di situ-situ aja.



"JANGAN SAMAKAN ANTARA MANUSIA DENGAN MESIN"



Setiap orang punya latar belakang yang berbeda. Itulah sebabnya saat melakukan sesuatu dengan cara yang sama sekalipun hasilnya dapat berbeda. Sentuhan tangan anda dan dia berbeda. Tirulah value yang ada pada dalam dirinya, bukan meniru apa yang ada di luar dirinya. Apa yang di maksud dengan value? Semangatnya, cara berpikirnya, dan mentalnya dalam berbisnis, bukan teknis.

Rumput tetangga lebih hijau






Berapa banyak orang yang merasa bahwa rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau?
Pacar teman terlihat lebih cantik?

Bisnis orang lain terlihat lebih sukses?

Tidakkah anda lelah membandingkan diri anda dengan orang lain? Sampai kapanpun anda tidak akan menemukan esensi sukses yang sebenarnya selama anda selalu membandingkan diri anda dengan orang lain, bukan dengan diri anda yang kemarin.

Rumput tetangga memang sering kali terlihat lebih hijau.Anda tahu kenapa? Karena tetanga sibuk menyiramnya setiap hari sedangkan anda sibuk melihat dia hehehe,, Fakta. Wajar jika rumput tetangga lebih hijau dan rumput anda rusak. Parahnya lagi, anda banyak protes dan mengeluh, bahkan menyalahkan tetangga anda atas rusaknya rumput anda.


Sadarlah kawan, itu salah anda karena tidak merawatnya dengan baik. Saat anda melihat rumput orang lain hijau, seharusnya anda lebih giat merawat rumput anda, bukan malah mencaci si tetangga dnegan tuduhan-tuduhan ngga bermutu.


Sudahlah ,,,,,,,,,,,,Jangan bandingkan diri anda dengan orang lain . toh, siapa tahu walaupun rumputnya lebih hijau ternyata itu rumput sintetis? Siapa tahu pacar teman yang lebih cantik ternyata hasil operasi plastik? Who Knows? So, lagi-lagi,,,, Fokuslah dengan yang anda kerjakan sekarang!