Anda ingin membuka bisnis online?
Tapi bingung cara memulainya dari mana?
Bingung produk apa yang mau di jual?
Bingung memakai media apa untuk berbisnis/berjualan
online?
Sebelum anda membuka usaha, persiapkan dulu mental gagal
anda agar kemungkinan jika gagal suatu hari nanti mimpi anda akan tetap terjaga
sampai apa yang anda mulai selesai dengan harapan anda.
Seperti kata pepatah “
Mulailah sesuatu dengan baik dan akhiri dengan baik pula” maksudnya baik di sini adalah sampai selesai
dengan apa yang anda harapkan.
BAGIAN #1
Oke, pertama di sini saya akan share bagaimana sih
memulai bisnis online, apa saja perisapannya..
Berikut ada 10 poin yang harus kita ketahui dalam memulai
bisnis online
1. Sterelisasi anggapan yang
salah tentang bisnis online
kenapa ini harus menjadi
acuan dalam bisnis online,karena ini berhubungan dengan paradigma yang
seringkali muncul pada sebagian pemula yang memulai bisnis online, bahwa bisnis
online itu bisa kaya mendadak,bahwa bisnis online itu mudah,bahwa bisnis online
itu harus ahli komputer. Buang jauh jauh jika anda memiliki stigma seperti
itu,karena anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal,maka dari itu
persiapkan mental dan mindset anda secara baik, karena sejatinya bisnis onlione
sama saja seperti bisnis offline, cuman kalau dalam bisnis online biaya lebih
murah & jangkauan lebih luas.
2. Buat Sebuah Rencana
tetapkanlah sebuah
perencanaan artinya jenis program apa yang akan anda geluti untuk pijakan
pertama dalam memulai bisnis online.Kerana tanpa perencanaan yang jelas sudah
tentu anda akan menemui kegagalan.
3. Memiliki Komputer/gadget
yang terkoneksi internet
jika sobat tidak memiliki
sebuah koneksi internet untuk sementara waktu bisa menggunakan akses di warnet
dalam merintis bisnis online, tapi saya tidak menyarankan untuk jangka waktu
yang lama karena menurut saya akan jauh lebih efektif dan fokus jika anda
memiliki akses dirumah.
4. Mengetahui Komputer dan
Internet Dasar
Pengetahuan ini cukup untuk
membuka gerbang pengetahuan anda selanjutnya.
5. Waktu dan Modal
maksudnya adalah waktu :
sobat harus meluangkan waktu untuk mempelajari teknik teknik internet marketing
sehingga memiliki formula sendiri untuk hasil yang dicapai. dalam meluangkan
waktu sobat bisa atur sendiri. Modal ;bahwa modal merupakan sebuah komponen
yang penting untuk menunjang keberhasilan dalam bisnis online.
6. Memiliki Rekening sendiri
dalam menekuni sebuah bisnis
online memiliki sebuah rekening bank hukumnya wajib baik bank mandiri,bca atau
yang sering digunakan dalam bisnis online adalah paypal.
7. Mengetahui Teknik Promosi
baik berbayar ataupun gratis
dalam mengetahui teknik tak kalah pentingnya untuk menunjang dalam bisnis
online.
8. Fokus
kenapa harus fokus,
bisasanya penghambat dalam bisnis online adalah kurangnya fokus dan pikiran yang banyak terbagi karena
ingin menguasai semau bidang dan ingin menjalankan seakligus beberapa program
bisnis online. Mungkin tidak masalah bagi anda yang berpengalaman,mau
menjalankan berbagai macam bisnis online, tetapi jika posisi anda sebagai
pemula saran saya jangan melakukan hal tersebut. Lebih baik fokus pada satu
program bisnis online hingga sobat
mendapatkan penghasilan rutin.
Baca juga : Fokus, Power ampuh anda dalam bisnis
9. Abaikan Kesempurnaan
Kenapa? tidak semua orang
pertama tama ketika terjun dalam bisnis online segala sesuatunya langsung
sempurna,pasti akan menemukan trial dan error seperti saya awal mula mengenal
bisnis online. pesan saya " jangan anda menunggu sesuatu yang sempurna
dulu,lebih baik lakukanlah dan praktekanlah apa yang anda sudah ketahui. Point
nya adalah jangan takut kalah,karena keberhasilan adalah sebuah rangkaian
kesalahan yang harus diperbaiki yang akhirnya akan menuju kesuksesan.
10. Action
Tanpa action Nothing,
pepatah bilang orang yang berusaha ada kemungkinan gagal, tapi orang yang tidak
berusaha 100% akan menemui kegagalan dan kekalahan. hanya ada dua pilihan ....
terserah anda mau pilih yang mana?
Nah itulah 10 tips memulai
bisnis online yang harus di instal ulang dulu di pikiran anda,,
Nah selanjutnya produk apa
sih yang mau kita jual di media online?
BAGIAN #2
5 Produk menarik &
berpotensi di buru konsumen
Oke tanpa ba bi bu akan kami
sajikan apa saja barang yang paling di buru oleh konsumen di media online
shop,mungkin produk ini bisa menjadi refresensi buat anda :
1. Produk Fashion
Menurut survei di google, produk pakaian merupakan barang pertama yang
paling di buru oleh konsumen media online. Banyak orang yang membeli pakaian di
internet, dengan asumsi, lebih menghemat waktu dan kemudahan dalam
bertransaksi. konsumen media online kebanyakan lebih ingin menghemat waktu
daripada menghemat uang, di sebabkan sibuknya bekerja fulltime. konsumen media online untuk produk-produk pakaian ini
juga tidak hanya kaum wanita, kaum pria juga banyak yang menggemari. Beberapa barang
fashion yang paling di minati oleh kaum pria adalah Jaket, kaos, busana muslim,
sepatu.
2. Gadget
Produk gadget juga termasuk produk di gemari, dan menempati urutan kedua
setelah produk fashion. Orang indonesia mulai familiar dengan belanja online
apalagi dengan adanya marketplace seperti, Bukalapak, Tokopedia, Lazada,
Bli-bli, dsb. Karena marketplace tersebut di jamin ke amanan transaksinya. Sehingga
orang tidak perlu takut lagi untuk belanja online apalagi transaksi yang bernilai
besar. Banyak orang indonesia yang mencari dan membeli produk gadget di
internet, apalagi produk gadget yang baru rilis, Sangat-sangat di buru.
3. Peralatan elektronik
Barang-barang elektronik yang biasanya sering di beli di media online adalah
sejenis barang-barang elektronik yang unik-unik dan bisa di bilang langka di
pasaran, seperti lampu tidur unik, kipas portable, dll. namun banyak juga sih
yang membeli barang eletronik bukan karena hal itu. Mungkin di sebabkan karena
faktor efesiensi waktu, mudah, dan murah. Berjualan barang elektronik/peralatan
elektronik di media online juga cukup menjanjikan.
4. Produk kecantikan
Produk kecantikan juga peminatnya cukup tinggi di kalangan media online.
Belanja dan wanita adalah 2 kata yang memiliki hubungan sangat erat, betul
nggak?hehehe.. terlebih pada umumnya wanita ingin selalu tampil cantik di
setiap waktu. Maka daripada itu, produk kecantikan menjadi kebutuhan pokok bagi
para wanita. Produk kecantikan yang paling di buru adalah produk cream pemutih
kulit, produk pelangsing, produk perawatan wajah dan produk pemutih wajah.
5. Produk musiman
Tiba pada point terakhir yaitu produk musiman, produk musiman merupakan
barang dagangan yang lakunya musiman saja. Setelah lewat musim boomingnya, bisa
di pastikan produk ini akan menurun drastis. Walaupun begitu, pada musim itu
kita bisa memanfaatkan waktu itu sebaik-baiknya untuk ikut berpartisipasi
menjual produk itu. Seperti contoh yang pernah terjadi adalah batu akik, jika
pada waktu musim booming-boomingnya harga batu akik jenis tertentu bisa
mencapai puluhan hingga ratusan juta, tetapi setelah melewati masa booming,
harga menurun drastis.
BAGIAN #3
Dalam mempromosikan sebuah produk di media online ada
banyak macamnya yang bisa kita pilih. Salah banyaknya seperti facebook,
twitter, instagram, dan lain sebagainya. Di era yang serba dgital ini di mana media online merupakan wadah yang
sangat populer untuk mempromosikan produk kita. Promosi suatu produk
menggunakan media online menjadikan lebih mudah, cepat, murah, dan minim
modal.
Berikut 10 media online yang bisa di gunakan untuk
mempromosikan produk kita secara gratis.
1. Facebook
Media sosial satu ini masih menjadi
pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan keluarga, kerabat, pacar
juga sih ... hehehe. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa
facebook banyak di gunakan sebagai media promosi online. Penggunaan facebook
sebagai media promosi di akui cukup relatif mudah untuk menjaring customer.
Tidak jarang juga bisnis yang sukses
bermula dari mengenalkan produk di facebook, di facebook kita bisa membuat
sebuah grup dan fanspage secara gratis. Ini bisa menjadi senjata untuk
menampung para customer kita.
Tahapan-tahapan dalam promosi di
facebook. Pertama,
Pastikan halaman beranda anda menarik
konsumen, karena hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen
memberikan +1 like. Kedua, dapatkan like sebanyak mungkin, itu menandakan
customer respon dengan produk anda. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target
customer dengan cara mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan
beranda facebook anda. Kemudian, fokuslah untuk membuat konten semenarik
mungkin.
2. Twitter
Selain facebook, twitter juga menjadi
salah satu media sosial online yang banyak di gunakan sebagai bisnis online. Meski
awalnya hanya di desain untuk berbagi status, kini twitter mampu menjadi media
cukup ampuh dalam memeasarkan suatu produk. Media ini dirasa mudah di jangkau
oleh pelanggan toko online karena mudah di akses dengan ponsel (Smartphone) ,
sehingga masyarakat dengan mudah mengaksesnya.
Tahapan untuk memaksimalkan promosi dan
pemasaran anda di twitter adalah dengan cara memperbanyak follower anda dulu,
rajin mengirimkan twit secara konsisten, mempromosikan situs secara teratur,
menjadwalkan posting twit, dan saling berkolaborasi dengan pembisnis lain dalam mempromosikan
bisnis online lainnya.
3. Instagram
Nah media sosial yang satu ini sekarang
menjadi primadona media bisnis online. Selain bisa menampilkan foto produk juga dapat caption yang di tulis lebih panjang
di bandingkan twitter yang hanya 160 karakter. Dan kelebihannya lagi, instagram
mudah di akses baik melalui smartphone ataupun komputer. Instagram sekarang
menjadi media sosial pendongkrak eksistensi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan
emas bagi anda untuk mempromosikan produk anda karena customer banyak berkumpul
di media sosial ini.
4. Path
Terhitung baru, tapi media sosial yang
satu ini juga banyak dilirik oleh pemilik toko online. Path adalah media sosial
yang awalnya hanya terlihat sebagai Private Facebook dan Twitter. Karena lebih
minimalis dari tampilan, Path memiliki peminat yang cukup banyak. Bukan lagi
digunakan untuk menyapa satu dengan lainnya, tapi kini Path juga laris
digunakan untuk berbisnis online. Seperti Dailybeautyhouse yang menggunakan
Path sebagai pelengkap media promosi online mereka. Memang tidak sepopuler
Facebook, Twitter dan Instagram, mempromosikan produk di Path juga tidak banyak
yang membuat akun khusus toko online mereka. Tapi Path masih sangat diminati
untuk digunakan sebagai media promosi bisnis online.
5. Kaskus
Ini dia, media sosial dan juga market
place yang banyak di gunakan untuk berjualan online. Kaskus di anggap sebagai
media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya forum jual
beli. Memang perlu anda ketahui bahwa tidak mudah berjualan dan promosi di
kaskus terlebih bisnis di kaskus banyaknya penipuan yang bermula di media
sosial, namun bukan berarti tidak mungkin kaskus di jadikan media bisnis online
yang ampuh bukan!
6. Google+
Produk google inilah yang menjadi
saingan besar facebook. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang
akhirnya mampu mempromosikan bisnisnya dengan mudah di sini. Tahukah anda jika
youtube itu merupakan produk google yang saat ini tidak kalah ramai juga
sebagai media promosi online?beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan
google+ sebagai media bisnis online anda yaitu dengan cara mangatur gmail
dengan google+ circles, membuat interaksi dengan hangouts, serta merencanakan
dan mengatur acara.
7. Market Place
Akhirnya nyampe point ke-7, nah kali ini
selain menggunakan media sosial yang telah di sebutkan di atas, anda juga bisa
menggunakan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain
sebagainya. Dan anda juga bisa menyarankan ke customer saat belanja di market
place dengan memakai SHOPBACK, dengan begitu customer akan mendapat cashback
dari setiap pembelian di market place. Sehingga akan meningkatkan penjualan
anda dan mudah menjaring konsumen.
Baca juga : Shopback penghasil cashback
8. Blog
Media yang satu ini bisa di bilang dengan website versi free. Meskipun demikian
tidak jauh berbeda dengan website berbayar, yang membedakan hanyalah domain (URL
suatu blog). Dengan blog kita bisa tuangkan seputar artikel-artikel tentang produk
online & bisnis yang kita jalani. Dengan rajin memposting suatu artikel
blog kita akan mudah di kenal begitupun produk yang ada di dalamnya. Pembisnis online
banyak yang memanfaatkan media ini sebagai penunjang bisnisnya.
9. Email Marketing
Email marketing juga banyak di gunakan
oleh para pebisnis untuk melakukan promosi secara online. Dianggap terlalu “jadul”,
email marketing digunakan untuk promosi secara online. Hampir setiap akun menggunakan
email, mendaftar newslatter, mendaftar facebook, mendaftar twitter, dsb. Dari situlah
kita memiliki sumber besar untuk mengirimkan berita promosi atau penawaran
produk terbaru kepada customer kita.
10. Youtube
Yang terakhir adalah
youtube, website broadcast yang di dirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi
media pengekspresian diri seseorang melalui video. Youtube merupakan website
yang saat ini sangat di minati oleh banyak orang dari semua golongan. Oleh karena
itu mempromosikan sebuah bisnis di youtube sudah menjadi bagian wajib dari
rencana promosi suatu bisnis. Langkah pertama jika ingin mempromosikan lewat
youtube adalah dengan menguplode video-video promosi anda dengan menyesuaikan
pilihan kategori yang ada, judul video haruslah menarik dan mengandung banyak
keywoard yang banyak digunakan orang, sehingga video anda akan muncul di urutan
teratas dan kemungkinan besar banyak orang akan melihatnya
Pintar dalam menggunakan media sosial untuk promosi akan
mendongkrak penjualan anda. Dekatkan diri anda dengan masyarakat dengan cara
menjadi teman yang baik, tidak hanya promosi namun juga membagikan informasi yang
terkait dengan bisnis yang menjadi minat customer ataupun informasi yang
sekiranya bermanfaat banyak orang. Dengan begini anda tidak akan kesulitan lagi
dalam mengiklankan suatu produk dan dengan mudah mendapatkan konsumen yang
loyal kepada bisnis anda.